RPP SD/MI materi ekosistem


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Dosen Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I
Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.


Disusun oleh:
Sem. IV/PGMI C

1.      Rohmi Mardiyati                          (15480084)
2.      Isnaeni Putri Rosyda                    (15480040)
3.      Novela Cindy Saputri                   (15480093)
4.      Syarifatun Hidayah                      (15480100)
5.      Tanwirul Bariroh                         (15480088)
6.      Urip Meilina Kurniawati             (15480104)
7.      Himmatin Nur Fadila                   (15480105)
8.      Syahadati Nur Maghfiroh           (15480112)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Education unit              : Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijaga
Subject matter              : B. Indonesia, IPA
Thema 5                        : Ekositem
Sub Thema 1                : Komponen Ekosistem
Learning                       : I
Class/Semester              : 5/2
Time allocation             : 1 X 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berineraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     BASIC COMPETENSI
BAHASA INDONESIA
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual
IPA
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

C.    INDICATOR
BAHASA INDONESIA
3.1.1 Peserta didik mampu membaca teks bacaan tentang ekosistem sawah yang disediakan guru dengan baik.
3.1. 2 Peserta didik mampu menjelaskan ide pokok yang terdapat dalam bacaan “Ekosistem” dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.1.1 Peserta didik mampu mendemonstrasikan secara lisan pokok pikiran yang ada didalam bacaan dengan benar.
IPA
3.5.1 Peserta didik mampu menyebutkan komponen ekosistem yang ada didalam ekosistem sawah dengan bahasanya sendiri.
3.5.2 Peserta didik mampu menjelaskan jaring-jaring makanan di sawah dengan benar.
3.5.3 Peserta didik mampu mengurutkan jaring-jaring makanan yang di tempel di papan tulis dengan benar.
4.5.1 Peserta didik manpu menggambarkan sebuah ekosistem sawah di papan tulis dengan berani dan benar.
4.5.2 Peserta didik mampu membuat satu  jaring-jaring makanan di papan tulis dengan benar.
D.    TEACHING LEARNING OBJECTIVES
Cognitive
a.       Peserta didik diharapkan mampu mengetahui dan memahami pokok pikiran yang ada didalam teks bacaan “ekosistem”.
b.      Peserta didik diharapkan mampu mengetahui komponen yang ada didalam ekosistem sawah
c.       Peserta didik diharapkan mampu mengetahui jaring-jaring makanan yang ada di sawah.
Skill and Processes
a.       Peserta didik diharapkan mampu mendemonstrasikan hasil identifikasi tentang pkok pikiran yang ada didalam teks bacaan “Ekosistem”
b.      Peserta didik diharapkan mampu menggambarkan ekosistem sawah di papan tulis.
c.       Peserta didik diharapkan mampu memmbuat  satu jaring-jaring makanan di papan tulis.
Ethics and Attitudes
a.       Peserta didik diharapkan mampu mengambil pelajaran dari proses ekosistem yang ada di lingkungan sekitar
b.      Peserta didik diharapkan mampu menjaga keseimbangan ekosistem.
E.     TOPIC IN DETAIL
1.         Bahasa Indonesia
Materi Pembelajaran

Bacalah Teks berikut dengan teman kelompokmu!
Udin sangat gembira hari ini. Ia baru saja mendapatkan kiriman hadiah dari bibinya di kota.  Sebuah buku pengetahuan bergambar!  Ia pun tak sabar ingin menunjukkannya kepada para anggota Sahabat Alam yang gemar berpetualang itu.

Udin :  “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan
kepada kalian. 
Lani : ”Apakah itu, Udin? Sesuatu yang sangat menarikkah?”
Udin : ”Tentu saja! Aku mempunyai sebuah buku pengetahuan
bergambar!  Aku baru saja mendapatkannya dari bibiku?”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini tentang berbagai jenis ekosistem di dunia!  Di dalambuku ini adaberbagai jenis tumbuhan dan hewan yang khas yang hidup di masing-masing ekosistem yang berbeda!”
Beni : ”Tentang ekosistem?  Apa itu ekosistem, Udin?  Dapatkah kamu menjelaskannya untuk kami?”
Udin :   “Daripada aku harus menjelaskannya, lebih baik kita baca saja buku ini bersamasama! Selain memuat gambar-gambar, buku ini juga memuat penjelasanpenjelasan menarik tentang ekosistem.”


Amati Bacaan Teks Berikut!
Ekosistem
Semua mahluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar mahluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri dari bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik).  Bagian yang hidup pada sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan dan mahluk hidup lainnya.  Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah. Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah, agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup mahluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tanaman membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah.  Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan mahluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.  Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara mahluk hidup dan bendabenda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut dengan ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.  Individu adalah mahluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut dengan habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contohnya, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tanaman teratai, populasi lumut. Sedangkan komunitas adalah populasi mahluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah  komunitas sungai, dan komunitas padang rumput.
2.         IPA
Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.  Komponen yang ada di dalam ekosistem yaitu komponen biotik (hidup) dan komponen abiotik (tidak hidup). Berdasarkan fungsi dan aspek penyusunannya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu sebagai berikut.:
a.      Komponen biotik
Ada  dua komponen abiotik dalam suatu ekosistem yaitu organisasi Autrotof dan organisasi Heterotrof. Organisme Autrotof adalah organisme yang mampu membuat makananya sendiri melalui proses fotosintesis. Sementara organisme Heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makannanya sendiri.
b.      Komponen Abiotik
Komponen yang terdiri atas sesuatu yang tidak hidup, yaitu tanah, air, cahaya matahari, udara, dan energi.
                       
Hubungan Makhluk hidup dalam ekosistem sangatlah penting. Setiap makhluk hidup bergantung dengan makhluk lain. semua makhluk hidup saling membutuhkan. Hubungan antara dua jenis makhluk hidup didebut simbiosis. Simbiosis dibagi menjadi tiga yaitu:
a.       Simbiosis Mutualisme
Hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan kedua belah pihak. Contohnya kerbau dengan burung jalak memberi keuntungan kedua belah pihak. Burung jalak beruntung karena dapat memakan kutu dan lalat yang ada ditubuh kerbau. Kerbau beruntung karena tubuhnya bersih dari kutu dan lalat.
b.      Simbiosis Komensalisme
Hubungan yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak yang lain dirugikan atai tidak diuntungkan. Contohnya ikan hiu dengan ikan remora terjadi dilaut. Makanan ikan hiu adalah semua hewan laut. Sedangkan ikan temore memakan sisa makanan ikan hiu yang jatuh, jadi ikan remora beruntung mendapat makanan, dan ikan hiu pun  tidak mengalami kerugian.
c.       Simbiosis Parasitisme
Hubungan yang menguntungkan satu pihak saja. Contohnya kutu yang hidup hewan lain dan benalu yang tumbuh di pohon kelapa. Pohon kelapa dirugikan karena makannya diserap oleh tumbuhan benalu.

Salah satu ekosistem yang ada dilingkungan sekitar yaitu ekosistem sawah. Ekosistem sawah adalah ekositem buatan manusia. Anggota ekosistem yang utama yaitu tanaman padi setelah itu rumput, belalang, burung, tanah, dan air. Sementara jaring-jaring makanan merupakan hubungan makan dan dimakan pada suatu rantai makanan. Contoh jaring-jaring makanan yang ada di sawah, yaitu



           
                       


F.     LESSON METHODE
Teaching method        : Penugasan, Tanya Jawab, Ceramah, dan Unjuk Kerja
Teaching Approach     : Scientific
Teaching Strategy       : Active Knowledge Sharing, information Search, Giving
Question and Getting Answer, NHT (Number Head      Together).
Teaching Model          : Cooperative Learning
G.    LESSO STEPS
Steps
Activities
Time allocation
Guru
Peserta Didik
Pendahuluan
Salam , doa
2 menit
1.      Mengondisikan peserta didik dengan menanya kabar dan mengabsensi peserta didik yang masuk ataupun yang tidak masuk
1.      Menjawab kabar yang ditanyakan oleh guru dan menjawab siapa saja yang tidak hadir

2.      Apresepsi:
Merilekskan peserta didik dengan ice breaking sederhana, yaitu:
Tepuk satu : satu, yes, dor.
Tepuk dua : satu, dua yes, yes, dor, dor,
Tepuk Tiga : satu, dua, tiga, yes. yes, yes dor,dor,dor
2.      Apresepsi:
Melaksanakan instruksi guru untuk melakukan “Tepuk satu , Tepuk dua, dan tepuk tiga” dilanjutkan dengan berdo’a sebelum belajar
3.      Menjelaskan tujuan pembelajaran
3.      Mengetahui apa yang menjadi tujuan pembelajaran
Kegitan Inti
1.      Membagi peserta didik menjadi dua kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 anak dan 4 anak.
1.      Melaksanakan instruksi yang diperintahkan guru.
30 menit
2.      Mengajak peserta didik untuk membaca bersama-sama teks bacaan yang sudah disediakan(Membaca)
2.      Membaca bersama-sama teks bacaan yang sudah disediakan. (Membaca)
3.      Mempersilahkan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang komponen apa saja yang ada di ekosistem sawah. (Menanya)
3.      Menanyakan tentang komponen ekosistem yang ada di sawah. (Menanya).
4.      Bersama peserta didik mengamati dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar jaring-jaring makanan yang disediakan guru. (Mengamati)
4.      berdiskusi dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru mengenai gambar jaring-jaring makanan yang ada di sawah. (Mengamati)
5.      Berdiskusi dan menjelaskan kepada peserta didik mengenai jaring-jaring makanan yang ada di sawah (Mendiskusikan)
5.      Berdiskusi dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru mengenai jaring-jaring makanan yang ada di sawah. (Mendiskusikan)
6.      Menunjuk angka yang terdapat dikepala peserta didik untuk mempresentasikan ke depan hasil diskusinya tentang jaring-jaring makanan yang ada di sawah (Mengomunikasikan)
6.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas. (Mengomunikasikan)
Kegiatan Penutup
1.      Menyajikan kembali daftar topik materi yang sudah dipelajari. (Mengulangi)
1.      Mendengarkan review yang disampaikan guru. (Mengulangi)
3 menit
2.      Membagikan soal tentang topik yang dibahas untuk dikerjakan di rumah (PR). (Mengevaluasi)
2.      Mengerjakan soal yang dibagikan oleh guru di rumah (PR). (Mengevaluasi)
3.      Mengajak peserta didik untuk memberi kesan yang luar biasa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.      Menyampaikan kesan dari pembelajaran hari ini.
4.      Memberi tindak lanjut kepada peserta didik untuk pembelajaran berikutnya. Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya tema 8 subtema 1 pembelajaran 2.
4.      Melaksanakan instruksi tindak lanjut yang disampaikan oleh guru

Menutup pembelajaran, salam, dan berdo’a


H.    SOURCE/MATERIALS/TOOLS:
1.      Source
Sience book:
a.       Tim Penyusun Kemendikbud, Ekosistem: Buku Guru, Jakarta: Kemendikbud RI, 2013, hlm.
b.      Tim Penyusun Kemendikbud, Ekoisitem: Buku Siswa, Jakarta: Kemendikbud RI, 2013, hlm.
2.      Meterial:Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Ekosistem, teks bacaan.
3.      Tools: kertas karton, kertas asturo berwarna, Spidol, White board.
I.       ASSESMENT
Penilaian sikap, unjuk kerja dalam kelompok, tugas individu.

Yogyakarta, 17 Mei 2017
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan



Team Teaching
Mahasiswa Magang II




Kelompok 3









Lampiran 1. Lembar Penilaian Ethics and Attitudes:
LEMBAR PENILAIAN ETHICS AND ATTITUDES

No.
Nama
Ethics and Attitudes
Percaya diri
Santun
bekerjasama
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.










2.










3.










4.










5.












Lampiran 2. Rubrik Penilaian Ethics and Attitudes
RUBRIK PENILAIAN ETHICS AND ATTITUDES
Ethics and Attitudes
Penilaian
1
2
3
Percaya diri
Peserta didik terlihat kurang percaya diri
Peserta didik terlihat percaya diri
Peserta didik sangat percaya diri
Santun
Peserta didik terlihat kurang santun ketika berbicara kepada teman kelas dan guru.
Peserta didik terlihat santun ketika berbicara dan bersikap kepada teman kelas dan guru
Peserta didik sangat santun ketika berbicara dan bersikap kepada teman kelas dan guru.
Kerjasama
Peserta didik terlihat hanya duduk saja tanpa melakukan kerjasama dengan teman kelompoknya.
Peserta didik terlihat kurang aktif dalam melakukan kerjasama dengan teman kelompoknya
Peserta didik sangat senang dan aktif dalam kerjasama dengan teman kelompoknya.



Rumusan Penilaian:
Nilai =  x  100 =

Keterangan Penilaian:
Baik                             : 81-100
Cukup Baik                 : 76-80
Kurang Baik                : 51-75
Sangat Kurang Baik    : <50

Lampiran 3. Lembar Penilaian Unjuk Kerja (Kelompok):
LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA (KELOMPOK)

No.
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1.                     







2.                     







3.                     







4.                     







5.                     








Lampiran 4. Rubrik Penilaian Unjuk Kerja (Kelompok:
RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA (KELOMPOK)

Kriteria 1:
Peserta didik bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presntasi
Kriteria 2:
Peserta didik terlihat bekerjasama dengan kelompoknya, tidak hanya diam
Kriteria 3:
Peserta didik berani maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya




Lampiran 5. Lembar Penilaian Unjuk Kerja (Bertanya)
LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA (BERTANYA)
No.
Nama
Kreiteria Penilaian
Kesesuaian Pertanyaan dengan Materi
Tutur Kata
Kesopanan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.










2.










3.










4.










5.












Lampiran 6. Rubrik Penilaian Unjuk Kerja (Bertanya)

RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA (BERTANYA)

Ethics and Attitudes
Penilaian
1
2
3
Kesesuaian Pertanyaan dengan Materi
Pertanyaan tidak berhubungan dengan materi yang sedang dibahas.
Pertanyaan sesuai dengan materi.
Pertanyaan sesuai dengan materi
Tutur Kata
Pertanyaan disampaikan dengan suara yang kurang jelas dan bertele-tele.
Pertanyaan disampaikan dengan suara yang jelas dan bertele-tele.
Pertanyaan disampaikan dengan suara yang jelas dan tidak bertele-tele.
Kesopanan
Saat bertanya mengangkat tangan, tidak menggunakan bahasa yang sopan, mengucapkan salam dan tidak menyimak jawaban yang disampaikan
Saat bertanya mengangkat menggunakan bahasa yang sopan, mengucapkan salam, dan tidak menyimak jawaban yang disampaikan.
Saat bertanya mengangkat tangan, menggunakan bahasa yang sopan, mengucapkan salam, dan menyimak jawaban yang disampaikan.


Rumusan Penilaian:
Nilai =  x  100 =

Keterangan Penilaian:
Baik                             : 81-100
Cukup Baik                 : 76-80
Kurang Baik                : 51-75
Sangat Kurang Baik    : <50

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan memilih salah satu dari a, b, c, dan d dengan memberikan tanda silang (x)

1.      Bacalah teks dibawah ini, kemudian jawablah pertanyaan no 1-3
Ekosistem
Semua mahluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar mahluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri dari bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik).  Bagian yang hidup pada sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan dan mahluk hidup lainnya.  Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah, agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup mahluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tanaman membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah.  Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan mahluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah. Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara mahluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut dengan ekosistem.
Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.Individu adalah mahluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut dengan habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contohnya, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tanaman teratai, populasi lumut. Sedangkan komunitas adalah populasi mahluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah  komunitas sungai, dan komunitas padang rumput.

Pokok pikran paragraf pertama adalah…
a.       Semua mahluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya
b.      Sebuah lingkungan terdiri dari bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik).
c.       Bagian yang hidup pada sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan dan mahluk hidup lainnya
d.      Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah
2.      Pokok pikran paragraf ketiga adalah…
a.       Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas
b.      Individu adalah mahluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, sebuah pohon cemara
c.       Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu.
d.      komunitas adalah populasi mahluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah  komunitas sungai, dan komunitas padang rumput
3.      Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua adalah..
a.       Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah
b.      Cahaya matahari tidak dapat menghangatkan udara, air, dan tanah
c.       Cahaya matahari dapat menghangatkan tanaman membuat makanan
d.      Cahaya matahari dapat menghangatkan lingkugan

Amati gambar dibawah ini, kemudian kerjakan soal no 4-6

4.      Siapakah yang berperan sebagai produsen?
a.       Tanaman padi
b.      Belalang
c.       Ular
d.      Jamur dan cacing
5.      Siapakah yang berperan sebagai konsumen 1 dan konsumen 2?
a.       Belalang dan katak
b.      Belalang dan ular
c.       Belalang dan jamur
d.      Ular dan kodok
6.      Siapakah yang berperan sebagai pengurai?
a.       Jamur
b.      Padi dan belalang
c.       Belalang dan kodok
d.      Kodok dan ular


Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal no 7-10


7.      Gambar di atas merupkan contoh dari..
a.       Simbiosis mutualisme
b.      SImbiosis komensalisme
c.       Ekosistem
d.      Jaring-jaring makanan
8.      Sesuai gambar diatas, yang berperan sebagai produsen adalah..
a.       Pohon dan Tanaman padi
b.      Pohon dan belalang
c.       Padi dan belalang
d.      Belalang dan tikus
9.      Sesuai gambar diatas, kedudukan belalang sebagai..
a.       Produsen
b.      Konsumen tingkat 1
c.       Konsumen tingkat 2
d.      Konsumen tingkat 3
10.  Jika terjadi kekurangan padi, maka..
a.       Konsumen tingkat 1 bertambah banyak
b.      Konsumen tingkkat 1 berkurang
c.       Konsumen tingkat 2 bertambah banyak
d.      Konsumen tingkat 2 berkurang
Kunci Jawaban:
1.      A                                 6. A
2.      A                                 7. D
3.      A                                 8. A
4.      A                                 9. B
5.      A                                 10. B



Tugas PR

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan memilih salah satu dari a, b, c, dan d dengan memberikan tanda silang (x).
1.      Bacalah teks cerita berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 1-5
Udin sangat gembira hari ini. Ia baru saja mendapatkan kiriman hadiah dari bibinya di kota.  Sebuah buku pengetahuan bergambar!  Ia pun tak sabar ingin menunjukkannya kepada para anggota Sahabat Alam yang gemar berpetualang itu.
Udin :  “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan
kepada kalian. 
Lani : ”Apakah itu, Udin? Sesuatu yang sangat menarikkah?”
Udin : ”Tentu saja! Aku mempunyai sebuah buku pengetahuan bergambar! 
Aku baru saja mendapatkannya dari bibiku?”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini tentang berbagai jenis ekosistem di dunia!  Di dalam
buku ini ada berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang khas yang
hidup di masing-masing ekosistem yang berbeda!”
Beni : ”Tentang ekosistem?  Apa itu ekosistem, Udin?  Dapatkah kamu
menjelaskannya untuk kami?”
Udin :   “Daripada aku harus menjelaskannya, lebih baik kita baca saja
buku ini bersamasama! Selain memuat gambar-gambar, buku ini
juga memuat penjelasanpenjelasan menarik tentang ekosistem.”

Pada teks bacaan diatas siapa nama yang mendapatkan buku pengetahuan bergambar dari bibi?
a.       Edo                                   c. Udin
b.      Dino                                  d. Beni


2.      Siapa yang mengirim buku pengetahuan bergambar kepada Udin?
a.       Ayah
b.      Bibi
c.       Nenek
d.      Uncel
3.      Apa isi dari buku pengetahuan bergambar tersebut?
a.       Berbagai jenis ekosistem di dunia
b.      Tata surya
c.       Sifat bakteri dan virus
d.      Keanekaragaman hayati
4.      Siapakah teman udin yg bertanya tentang apa itu ekosistem?
a.       Edo
b.      Lani
c.       Udin
d.      Beni
5.      Bagaimana ekspresi udin ketika menerima kiriman buku pengetahuan bergambar dari bibinya?
a.       Marah
b.      Bahagia
c.       Lompat-lompat
d.      Murung

6.      Suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannyadisebut …
a.       Komunitas
b.      Populasi
c.       Ekosistem
d.      Habitat
7.      Gabungan dari  rantai-rantai nmakanan yang saling tumpang tindih dalam ekosistem disebut…
a.       Rantai makanan
b.      Piramida makanan
c.       Jaring-jaring makanan
d.      Semua benar
8.      Di bawah ini yang bukan merupakan hubungan simbiosis adalah…
a.       Mutualisme
b.      Komunitas
c.       Komensalisme
d.      Parasitisme
9.      Di antara makhluk hidup dibawah ini yang merupakan komponen detritivor ( Pemakan Partikel Kecil atau yang sudah busuk adalah…
a.       Cacing dan lintah
b.      Bakteri dan jamur
c.       Ikan
d.      Tumbuhan hijau
10.  Hubungan yang menguntungkan satu belah pihak saja, sedangkan pihak lain tidak dirugikan disebut…
a.       Kooperatif
b.      Mutualisme
c.       Komensalisme
d.      Parasitisme
ESSAY
1.      Apa yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik?
2.      Jelaskan perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan!
3.      Gambarkan jaring-jaring makanan di ekosistem Sawah!








Kunci Jawaban
1.      C                                 6. C
2.      B                                 7. C
3.      A                                 8. B
4.      D                                 9. A
5.      B                                 10. C

1.      Komponen Biotik adalah komponen yang terdiri dari 2 organisme yaitu organisme Autrotof dan Organisme Heterotrof. Sedangkan Komponen Abiotik adalah komponen yang terdiri dari bahan-bahan yang tidak hidup yaitu komponen fisik dan kimmia.
2.      Rantai makanan adalah perpindahan energi dalam makanan berpindah dari organisme ke organisme yang lain. sedangkan jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai-rantai makanan yang saling tumpang tindih dalam ekosistem.
3.      Gambar jaring-jaring makanan dalam ekosistem sawah





Komentar

Postingan populer dari blog ini

aspek-aspek tasawuf

hakikat baik dan buruk