RPP SD/MI materi ekosistem
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun Untuk Memenuhi
Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Dosen Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I
Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Disusun oleh:
Sem. IV/PGMI C
1. Rohmi Mardiyati (15480084)
2. Isnaeni Putri Rosyda (15480040)
3. Novela Cindy Saputri (15480093)
4. Syarifatun Hidayah (15480100)
5. Tanwirul Bariroh (15480088)
6. Urip Meilina Kurniawati (15480104)
7. Himmatin Nur Fadila (15480105)
8. Syahadati Nur Maghfiroh (15480112)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN
KEGURUAN
UIN SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Education unit :
Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijaga
Subject matter :
B. Indonesia, IPA
Thema 5 :
Ekositem
Sub Thema 1 : Komponen Ekosistem
Learning :
I
Class/Semester : 5/2
Time allocation : 1 X 35
menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berineraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. BASIC
COMPETENSI
BAHASA INDONESIA
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok
pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual
IPA
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen
ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5Membuat karya tentang konsep
jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
C. INDICATOR
BAHASA INDONESIA
3.1.1 Peserta didik mampu membaca teks
bacaan tentang ekosistem sawah yang disediakan guru dengan baik.
3.1. 2 Peserta didik mampu menjelaskan ide
pokok yang terdapat dalam bacaan “Ekosistem” dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.1.1 Peserta didik mampu mendemonstrasikan
secara lisan pokok pikiran yang ada didalam bacaan dengan benar.
IPA
3.5.1 Peserta didik mampu menyebutkan
komponen ekosistem yang ada didalam ekosistem sawah dengan bahasanya sendiri.
3.5.2 Peserta didik mampu menjelaskan
jaring-jaring makanan di sawah dengan benar.
3.5.3 Peserta didik mampu mengurutkan
jaring-jaring makanan yang di tempel di papan tulis dengan benar.
4.5.1 Peserta didik manpu menggambarkan sebuah
ekosistem sawah di papan tulis dengan berani dan benar.
4.5.2 Peserta didik mampu membuat satu jaring-jaring makanan di papan tulis dengan
benar.
D. TEACHING
LEARNING OBJECTIVES
Cognitive
a. Peserta didik diharapkan mampu mengetahui
dan memahami pokok pikiran yang ada didalam teks bacaan “ekosistem”.
b. Peserta didik diharapkan mampu mengetahui
komponen yang ada didalam ekosistem sawah
c. Peserta didik diharapkan mampu mengetahui
jaring-jaring makanan yang ada di sawah.
Skill and Processes
a. Peserta didik diharapkan mampu
mendemonstrasikan hasil identifikasi tentang pkok pikiran yang ada didalam teks
bacaan “Ekosistem”
b. Peserta didik diharapkan mampu
menggambarkan ekosistem sawah di papan tulis.
c. Peserta didik diharapkan mampu
memmbuat satu jaring-jaring makanan di
papan tulis.
Ethics and Attitudes
a. Peserta didik diharapkan mampu mengambil
pelajaran dari proses ekosistem yang ada di lingkungan sekitar
b. Peserta didik diharapkan mampu menjaga
keseimbangan ekosistem.
E. TOPIC IN
DETAIL
1.
Bahasa Indonesia
Materi Pembelajaran
Bacalah
Teks berikut dengan teman kelompokmu!
Udin sangat gembira hari ini. Ia baru saja mendapatkan kiriman
hadiah dari bibinya di kota. Sebuah buku
pengetahuan bergambar! Ia pun tak sabar
ingin menunjukkannya kepada para anggota Sahabat Alam yang gemar berpetualang
itu.
Udin
: “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu
yang ingin kutunjukkan
kepada kalian.
Lani
: ”Apakah itu, Udin? Sesuatu yang sangat menarikkah?”
Udin
: ”Tentu saja! Aku mempunyai sebuah buku pengetahuan
bergambar! Aku baru saja
mendapatkannya dari bibiku?”
Edo
: ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini tentang berbagai jenis ekosistem di dunia! Di dalambuku ini adaberbagai jenis tumbuhan
dan hewan yang khas yang hidup di masing-masing ekosistem yang berbeda!”
Beni : ”Tentang ekosistem?
Apa itu ekosistem, Udin? Dapatkah
kamu menjelaskannya untuk kami?”
Udin : “Daripada aku harus
menjelaskannya, lebih baik kita baca saja buku ini bersamasama! Selain memuat
gambar-gambar, buku ini juga memuat penjelasanpenjelasan menarik tentang
ekosistem.”
Amati
Bacaan Teks Berikut!
Ekosistem
Semua
mahluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya.
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar mahluk hidup. Sebuah
lingkungan terdiri dari bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup
(abiotik). Bagian yang hidup pada sebuah
lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan dan mahluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas
cahaya matahari, air, udara dan tanah. Cahaya matahari dapat menghangatkan
udara, air, dan tanah, agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup mahluk
hidup. Cahaya matahari juga membantu tanaman membuat makanan. Air dan tanah
merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk
hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam
tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan mahluk
hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi
dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara mahluk hidup dan
bendabenda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut dengan ekosistem. Ekosistem
tersusun atas individu, populasi, dan komunitas. Individu adalah mahluk hidup tunggal,
misalnya seekor kambing, seekor burung, sebuah pohon cemara. Tempat individu
tinggal disebut dengan habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang
menempati suatu daerah tertentu. Contohnya, di sebuah kolam, terdapat populasi
ikan, populasi tanaman teratai, populasi lumut. Sedangkan komunitas adalah
populasi mahluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas sungai, dan komunitas padang
rumput.
2.
IPA
Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena
adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Komponen yang
ada di dalam ekosistem yaitu komponen biotik (hidup) dan komponen abiotik
(tidak hidup). Berdasarkan fungsi dan
aspek penyusunannya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu
sebagai berikut.:
a.
Komponen biotik
Ada dua
komponen abiotik dalam suatu ekosistem yaitu organisasi Autrotof dan organisasi
Heterotrof. Organisme Autrotof adalah organisme yang mampu membuat makananya
sendiri melalui proses fotosintesis. Sementara organisme Heterotrof adalah
organisme yang tidak dapat membuat makannanya sendiri.
b. Komponen Abiotik
Komponen yang terdiri atas sesuatu yang tidak hidup,
yaitu tanah, air, cahaya matahari, udara, dan energi.
Hubungan Makhluk hidup dalam ekosistem sangatlah penting. Setiap makhluk
hidup bergantung dengan makhluk lain. semua makhluk hidup saling membutuhkan.
Hubungan antara dua jenis makhluk hidup didebut simbiosis. Simbiosis dibagi
menjadi tiga yaitu:
a. Simbiosis Mutualisme
Hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan kedua belah pihak.
Contohnya kerbau dengan burung jalak memberi keuntungan kedua belah pihak.
Burung jalak beruntung karena dapat memakan kutu dan lalat yang ada ditubuh
kerbau. Kerbau beruntung karena tubuhnya bersih dari kutu dan lalat.
b. Simbiosis Komensalisme
Hubungan yang menguntungkan satu pihak, sedangkan
pihak yang lain dirugikan atai tidak diuntungkan. Contohnya ikan hiu dengan
ikan remora terjadi dilaut. Makanan ikan hiu adalah semua hewan laut. Sedangkan
ikan temore memakan sisa makanan ikan hiu yang jatuh, jadi ikan remora
beruntung mendapat makanan, dan ikan hiu pun
tidak mengalami kerugian.
c. Simbiosis Parasitisme
Hubungan yang menguntungkan satu pihak saja. Contohnya
kutu yang hidup hewan lain dan benalu yang tumbuh di pohon kelapa. Pohon kelapa
dirugikan karena makannya diserap oleh tumbuhan benalu.
F. LESSON
METHODE
Teaching method : Penugasan, Tanya Jawab, Ceramah, dan Unjuk Kerja
Teaching Approach : Scientific
Teaching Strategy : Active Knowledge Sharing, information Search, Giving
Question and Getting Answer, NHT (Number Head Together).
Teaching Model : Cooperative Learning
G. LESSO STEPS
Steps
|
Activities
|
Time allocation
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
||
Pendahuluan
|
Salam , doa
|
2 menit
|
|
1. Mengondisikan peserta didik dengan menanya kabar dan mengabsensi
peserta didik yang masuk ataupun yang tidak masuk
|
1. Menjawab kabar yang ditanyakan oleh guru dan menjawab siapa saja yang
tidak hadir
|
|
|
2.
Apresepsi:
Merilekskan peserta didik
dengan ice breaking sederhana, yaitu:
Tepuk satu : satu, yes, dor.
Tepuk dua : satu, dua yes, yes, dor, dor,
Tepuk Tiga : satu, dua, tiga, yes. yes,
yes dor,dor,dor
|
2.
Apresepsi:
Melaksanakan instruksi
guru untuk melakukan “Tepuk satu , Tepuk dua, dan tepuk tiga” dilanjutkan
dengan berdo’a sebelum belajar
|
||
3.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran
|
3.
Mengetahui apa yang
menjadi tujuan pembelajaran
|
||
Kegitan Inti
|
1.
Membagi peserta didik
menjadi dua kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 anak dan 4 anak.
|
1.
Melaksanakan instruksi yang
diperintahkan guru.
|
30 menit
|
2. Mengajak peserta didik untuk membaca bersama-sama teks bacaan yang
sudah disediakan(Membaca)
|
2.
Membaca bersama-sama teks
bacaan yang sudah disediakan. (Membaca)
|
||
3. Mempersilahkan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang
komponen apa saja yang ada di ekosistem sawah. (Menanya)
|
3. Menanyakan tentang komponen ekosistem yang ada di sawah. (Menanya).
|
||
4. Bersama
peserta didik mengamati dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar
jaring-jaring makanan yang disediakan guru. (Mengamati)
|
4.
berdiskusi dan memperhatikan penjelasan yang
disampaikan oleh guru mengenai gambar jaring-jaring makanan yang ada di
sawah. (Mengamati)
|
||
5. Berdiskusi dan menjelaskan kepada peserta didik mengenai jaring-jaring
makanan yang ada di sawah (Mendiskusikan)
|
5. Berdiskusi dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru
mengenai jaring-jaring makanan yang ada di sawah. (Mendiskusikan)
|
||
6.
Menunjuk angka yang
terdapat dikepala peserta didik untuk mempresentasikan ke depan hasil
diskusinya tentang jaring-jaring makanan yang ada di sawah (Mengomunikasikan)
|
6.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok didepan kelas. (Mengomunikasikan)
|
||
Kegiatan Penutup
|
1.
Menyajikan kembali daftar
topik materi yang sudah dipelajari. (Mengulangi)
|
1. Mendengarkan review yang disampaikan guru. (Mengulangi)
|
3 menit
|
2.
Membagikan soal tentang
topik yang dibahas untuk dikerjakan di rumah (PR). (Mengevaluasi)
|
2.
Mengerjakan soal yang
dibagikan oleh guru di rumah (PR). (Mengevaluasi)
|
||
3. Mengajak peserta didik untuk memberi kesan yang luar biasa terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
3. Menyampaikan kesan dari pembelajaran hari ini.
|
||
4. Memberi tindak lanjut kepada peserta didik untuk pembelajaran
berikutnya. Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya
tema 8 subtema 1 pembelajaran 2.
|
4. Melaksanakan instruksi tindak lanjut yang disampaikan oleh guru
|
||
|
Menutup pembelajaran, salam, dan berdo’a
|
|
H. SOURCE/MATERIALS/TOOLS:
1. Source
Sience book:
a. Tim Penyusun Kemendikbud, Ekosistem: Buku Guru, Jakarta: Kemendikbud RI, 2013, hlm.
b. Tim Penyusun Kemendikbud, Ekoisitem: Buku Siswa, Jakarta: Kemendikbud RI, 2013, hlm.
2. Meterial:Buku Siswa Kelas 5 Tema 8
Ekosistem, teks bacaan.
3. Tools: kertas karton, kertas asturo
berwarna, Spidol, White board.
I. ASSESMENT
Penilaian sikap, unjuk kerja dalam
kelompok, tugas individu.
|
Yogyakarta, 17 Mei 2017
|
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan
Team Teaching
|
Mahasiswa Magang II
Kelompok 3
|
Lampiran 1. Lembar Penilaian Ethics and
Attitudes:
LEMBAR PENILAIAN ETHICS AND ATTITUDES
No.
|
Nama
|
Ethics and Attitudes
|
|||||||||
Percaya diri
|
Santun
|
bekerjasama
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2. Rubrik Penilaian Ethics and
Attitudes
RUBRIK PENILAIAN ETHICS AND ATTITUDES
Ethics and Attitudes
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Percaya
diri
|
Peserta didik terlihat kurang percaya
diri
|
Peserta didik terlihat percaya diri
|
Peserta didik sangat percaya diri
|
Santun
|
Peserta
didik terlihat kurang santun ketika berbicara kepada teman kelas dan guru.
|
Peserta
didik terlihat santun ketika berbicara dan bersikap kepada teman kelas dan
guru
|
Peserta
didik sangat santun ketika berbicara dan bersikap kepada teman kelas dan
guru.
|
Kerjasama
|
Peserta didik terlihat hanya duduk saja
tanpa melakukan kerjasama dengan teman kelompoknya.
|
Peserta didik terlihat kurang aktif dalam
melakukan kerjasama dengan teman kelompoknya
|
Peserta didik sangat senang dan aktif
dalam kerjasama dengan teman kelompoknya.
|
Rumusan Penilaian:
Nilai =
x
100 =
Keterangan Penilaian:
Baik :
81-100
Cukup Baik :
76-80
Kurang Baik :
51-75
Sangat Kurang Baik : <50
Lampiran 3. Lembar Penilaian Unjuk Kerja (Kelompok):
LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA (KELOMPOK)
No.
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (ü)
|
Belum
Terlihat (ü)
|
Terlihat (ü)
|
Belum
Terlihat (ü)
|
Terlihat (ü)
|
Belum
Terlihat (ü)
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4. Rubrik Penilaian Unjuk Kerja (Kelompok:
RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA (KELOMPOK)
Kriteria
1:
|
Peserta
didik bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presntasi
|
Kriteria
2:
|
Peserta
didik terlihat bekerjasama dengan kelompoknya, tidak hanya diam
|
Kriteria
3:
|
Peserta
didik berani maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya
|
Lampiran 5. Lembar Penilaian Unjuk Kerja
(Bertanya)
LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA (BERTANYA)
No.
|
Nama
|
Kreiteria Penilaian
|
||||||||
Kesesuaian Pertanyaan dengan Materi
|
Tutur Kata
|
Kesopanan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 6. Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
(Bertanya)
RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA (BERTANYA)
Ethics and Attitudes
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Kesesuaian
Pertanyaan dengan Materi
|
Pertanyaan tidak berhubungan dengan
materi yang sedang dibahas.
|
Pertanyaan sesuai dengan materi.
|
Pertanyaan sesuai dengan materi
|
Tutur Kata
|
Pertanyaan
disampaikan dengan suara yang kurang jelas dan bertele-tele.
|
Pertanyaan
disampaikan dengan suara yang jelas dan bertele-tele.
|
Pertanyaan
disampaikan dengan suara yang jelas dan tidak bertele-tele.
|
Kesopanan
|
Saat bertanya mengangkat tangan, tidak
menggunakan bahasa yang sopan, mengucapkan salam dan tidak menyimak jawaban
yang disampaikan
|
Saat bertanya mengangkat menggunakan
bahasa yang sopan, mengucapkan salam, dan tidak menyimak jawaban yang
disampaikan.
|
Saat bertanya mengangkat tangan,
menggunakan bahasa yang sopan, mengucapkan salam, dan menyimak jawaban yang
disampaikan.
|
Rumusan Penilaian:
Nilai =
x
100 =
Keterangan Penilaian:
Baik :
81-100
Cukup Baik :
76-80
Kurang Baik :
51-75
Sangat Kurang Baik : <50
Jawablah
soal-soal dibawah ini dengan memilih salah satu dari a, b, c, dan d dengan memberikan
tanda silang (x)
1. Bacalah teks dibawah ini, kemudian jawablah pertanyaan no 1-3
Ekosistem
Semua mahluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi
kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar mahluk
hidup. Sebuah lingkungan terdiri dari bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak
hidup (abiotik). Bagian yang hidup pada
sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan dan mahluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas
cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah, agar
mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup mahluk hidup. Cahaya matahari juga
membantu tanaman membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari
sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam
tanah. Air di dalam tanah ini akan
dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan mahluk hidup kecil lainnya
yang hidup di dalam tanah. Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan
saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara
mahluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut dengan
ekosistem.
Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.Individu
adalah mahluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, sebuah
pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut dengan habitat. Populasi adalah
kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contohnya, di
sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tanaman teratai, populasi lumut.
Sedangkan komunitas adalah populasi mahluk hidup di suatu daerah tertentu.
Contoh komunitas adalah komunitas sungai,
dan komunitas padang rumput.
Pokok pikran paragraf pertama adalah…
a.
Semua mahluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi
kebutuhannya
b.
Sebuah lingkungan terdiri dari bagian yang hidup (biotik) dan
bagian tak hidup (abiotik).
c.
Bagian yang hidup pada sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan,
hewan dan mahluk hidup lainnya
d.
Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air,
udara dan tanah
2.
Pokok pikran paragraf ketiga adalah…
a.
Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas
b.
Individu adalah mahluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing,
seekor burung, sebuah pohon cemara
c.
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu
daerah tertentu.
d.
komunitas adalah populasi mahluk hidup di suatu daerah tertentu.
Contoh komunitas adalah komunitas
sungai, dan komunitas padang rumput
3.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua adalah..
a.
Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah
b.
Cahaya matahari tidak dapat menghangatkan udara, air, dan tanah
c.
Cahaya matahari dapat menghangatkan tanaman membuat makanan
d.
Cahaya matahari dapat menghangatkan lingkugan
Amati
gambar dibawah ini, kemudian kerjakan soal no 4-6
4.
Siapakah yang berperan sebagai produsen?
a.
Tanaman padi
b.
Belalang
c.
Ular
d.
Jamur dan cacing
5.
Siapakah yang berperan sebagai konsumen 1 dan konsumen 2?
a.
Belalang dan katak
b.
Belalang dan ular
c.
Belalang dan jamur
d.
Ular dan kodok
6.
Siapakah yang berperan sebagai pengurai?
a.
Jamur
b.
Padi dan belalang
c.
Belalang dan kodok
d.
Kodok dan ular
Perhatikan
gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal no 7-10
7.
Gambar di atas merupkan contoh dari..
a.
Simbiosis mutualisme
b.
SImbiosis komensalisme
c.
Ekosistem
d.
Jaring-jaring makanan
8.
Sesuai gambar diatas, yang berperan sebagai produsen adalah..
a.
Pohon dan Tanaman padi
b.
Pohon dan belalang
c.
Padi dan belalang
d.
Belalang dan tikus
9.
Sesuai gambar diatas, kedudukan belalang sebagai..
a.
Produsen
b.
Konsumen tingkat 1
c.
Konsumen tingkat 2
d.
Konsumen tingkat 3
10.
Jika terjadi kekurangan padi, maka..
a.
Konsumen tingkat 1 bertambah banyak
b.
Konsumen tingkkat 1 berkurang
c.
Konsumen tingkat 2 bertambah banyak
d.
Konsumen tingkat 2 berkurang
Kunci Jawaban:
1. A 6.
A
2. A 7.
D
3. A 8.
A
4. A 9.
B
5. A 10.
B
Tugas PR
Jawablah soal-soal dibawah ini dengan memilih salah satu dari a, b,
c, dan d dengan memberikan tanda silang (x).
1.
Bacalah teks cerita berikut dengan seksama untuk menjawab soal
nomor 1-5
Udin sangat gembira hari ini. Ia baru saja mendapatkan kiriman
hadiah dari bibinya di kota. Sebuah buku
pengetahuan bergambar! Ia pun tak sabar
ingin menunjukkannya kepada para anggota Sahabat Alam yang gemar berpetualang
itu.
Udin : “Hai, kawan-kawan!
Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan
kepada kalian.
Lani : ”Apakah itu, Udin? Sesuatu yang sangat menarikkah?”
Udin : ”Tentu saja! Aku mempunyai sebuah buku pengetahuan
bergambar!
Aku baru saja mendapatkannya dari bibiku?”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini tentang berbagai jenis ekosistem di dunia! Di dalam
buku ini ada berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang khas yang
hidup di masing-masing ekosistem yang berbeda!”
Beni : ”Tentang ekosistem?
Apa itu ekosistem, Udin? Dapatkah
kamu
menjelaskannya untuk kami?”
Udin : “Daripada aku harus
menjelaskannya, lebih baik kita baca saja
buku ini bersamasama! Selain memuat gambar-gambar, buku ini
juga
memuat penjelasanpenjelasan menarik tentang ekosistem.”
Pada teks bacaan diatas siapa nama yang mendapatkan buku
pengetahuan bergambar dari bibi?
a.
Edo c.
Udin
b.
Dino d.
Beni
2.
Siapa yang mengirim buku pengetahuan bergambar kepada Udin?
a.
Ayah
b.
Bibi
c.
Nenek
d.
Uncel
3.
Apa isi dari buku pengetahuan bergambar tersebut?
a.
Berbagai jenis ekosistem di dunia
b.
Tata surya
c.
Sifat bakteri dan virus
d.
Keanekaragaman hayati
4.
Siapakah teman udin yg bertanya tentang apa itu ekosistem?
a.
Edo
b.
Lani
c.
Udin
d.
Beni
5.
Bagaimana ekspresi udin ketika menerima kiriman buku pengetahuan
bergambar dari bibinya?
a.
Marah
b.
Bahagia
c.
Lompat-lompat
d.
Murung
6.
Suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan
timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannyadisebut …
a.
Komunitas
b.
Populasi
c.
Ekosistem
d.
Habitat
7.
Gabungan dari rantai-rantai nmakanan
yang saling tumpang
tindih dalam ekosistem disebut…
a.
Rantai makanan
b.
Piramida makanan
c.
Jaring-jaring makanan
d.
Semua benar
8.
Di bawah ini yang bukan merupakan hubungan simbiosis adalah…
a.
Mutualisme
b.
Komunitas
c.
Komensalisme
d.
Parasitisme
9.
Di antara makhluk hidup dibawah ini yang merupakan komponen
detritivor ( Pemakan
Partikel Kecil atau yang sudah busuk adalah…
a.
Cacing dan lintah
b.
Bakteri dan jamur
c.
Ikan
d.
Tumbuhan hijau
10.
Hubungan yang menguntungkan satu belah pihak saja, sedangkan pihak
lain tidak dirugikan disebut…
a.
Kooperatif
b.
Mutualisme
c.
Komensalisme
d.
Parasitisme
ESSAY
1.
Apa yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik?
2.
Jelaskan perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan!
3.
Gambarkan jaring-jaring makanan di ekosistem Sawah!
Kunci Jawaban
1. C 6.
C
2. B 7.
C
3. A 8.
B
4. D 9.
A
5. B 10.
C
1. Komponen Biotik adalah komponen yang
terdiri dari 2 organisme yaitu organisme Autrotof dan Organisme Heterotrof.
Sedangkan Komponen Abiotik adalah komponen yang terdiri dari bahan-bahan yang
tidak hidup yaitu komponen fisik dan kimmia.
2. Rantai makanan adalah perpindahan energi
dalam makanan berpindah dari organisme ke organisme yang lain. sedangkan
jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai-rantai makanan yang saling
tumpang tindih dalam ekosistem.
3. Gambar jaring-jaring makanan dalam
ekosistem sawah
Komentar
Posting Komentar